Sabtu, 20 Januari 2018

Semester 5 di SJMP #1


Assalamualaikum.
Lama juga ya... terakhir nulis pas liburan semester 4, sekarang udah libur semester 5 aja (meski in real life, gak libur karena harus menjalani kesibukan kampus mahasiswa tingkat akhir hmm). Post terakhir sih cerita tentang 1 semester. Sekarang mau nulis itu lagi, tapi dengan agak berbeda nih.






--------------------------------------------------------

Ok, siang ini ujian persiapan terakhir (previously known as UKOM). Pulang tadi sekitar jam 13, terus leyeh-leyeh nonton drama sama youtube, yaaa pengen istirahat dulu lah ehehehe. Sebenernya adik-adik kelas semester 3 & 1 udah pulang sejak kapan tau libur semester, tapi buat mahasiswa semester 5 itu gak berlaku, karena kami harus pembekalan PKL, ujian persiapan PKL, pelepasan PKL, daaaan.... PKL. Bener-bener gak dikasih libur. Baiklah.

ngantuk di kampus adalah wajar ehehehe
Mulai dari awal semester 5, aku masuk kelas A praktikum 1. Sekelas isinya 29 orang. Fun fact, sejak pertama masuk IPB aku selalu ditempatin di kelas A. Fun kan? Ketawa dong. Ok, semester ini gak ada di lab pengujian lagi. Adanya di lab olah, seminggu dua kali, mata kuliah keamanan pangan dan HACCP sama pengembangan produk baru. Btw semester ini aku ketemu 7 mata kuliah:

1. Perencanaan produksi industri pangan
Isinya kita bener-bener kaya anak apa ya, teknik industri? Manajemen industri? Pokonya di PPIP kita belajar dari awal pabrik belum berdiri, perkiraan layout produksi, kapasitas produksi, perekrutan & penggajian karyawan, pembelian bahan baku, waktu proyek, manajemen mutu, dll ya intinya banyak ngitung.

2. Penanganan limbah industri pangan
kunjungan ke RPH - spot me!
kunjungan ke PDAM
Bioreaktor sederhana
Namanya juga limbah, ya belajarnya mengenai bahan buangan ini, harus digimanain, diolahnya gimana sebelum dibuang ke lingkungan, ngitung COD BOD, bikin reaktor biogas sederhana, ke rumah potong hewan, ke PDAM, bikin kompos, dll. Seru sih menurut aku yang basicnya emang suka biologi dan suka terjun langsung ke lapang. Soalnya aku dari awal kan emang jiwa biologi ya, tapi salahnya malah masuk lab olah jadi ga pernah ke lapang wkwkwkw  (gak kok, gak salah kalo dipikir-pikir lagi sekarang)

3. Pengembangan dan pemasaran produk baru
booklet kopyor
produk kopyor
kelompok produksi
Alhamdulillah keuntungannya besar
Nah ini nih, ibaratnya tuh kita disuruh bikin perusahaan, bikin produk sendiri, jual sendiri, keuntungannya dibagi sama rekan perusahaannya. Seru. Dari awalnya brainstorming mau bikin produk apa, dari 10 produk yang diajukan, survey pelanggan dulu (kelompok aku sih gitu. Biar afdol wkwk), lalu tinggal kesisa 1 buat bener-bener diwujudkan dan dipasarkan. Produksi tiap hari selasa sore bayangkan saudara setanah airku! Produk harus habis hari itu juga kalo emang produknya makanan yang ready to eat karena harus mikirin aspek keamanannya juga kalo disimpen kelamaan kan bahaya. Nah aku mikir tuh berarti jangan makanan nih, kalo mau juga ya makanannya kering atau makanan yang ready to cook aja biar disimpen di kulkas. Tapi akhirnya aku produksi kopyor dalam kemasan hehehehe. Oh btw ini produknya harus jangan yang udah pasaran ya, seenggaknya ada aspek yang diubah dari produk lama biar bisa brand new product. Kelompok produksi aku ada 5 orang, kebetulan aku di bagian RND (tugasnya formulasi bahan, formulasi desain kemasan, dan semuanya yang berhubungan dengan pengembangan). Lalu ada tuh namanya proyek akhir satu angkatan. Namanya kulum (kuliah umum). Nah anak 52 ini bikin konsep yang agak berbeda, kebetulan aku kebagian andil di proyek itu. Ya bisa ditebak lah aku ngapain. Desain lagi, desain lagi... motoin lagi, motoin lagi wes rapopo. Kuliah umum itu kami harus ngundang expert di bidang pangan, buat cerita-cerita berbagi informasi gitu lah. Oiya ada juga proyek akhir kelompok, bikin video produksi, booklet perusahaan, sama bikin manual mutu kaya perusahaan gede eheheh. Proyek tambahan, foto kelompok. Paling seru ahaha.

4. Metode pelaporan
Metpel ini kami belajar lagi tata cara penulisan, jenis-jenis paragraf, cara bikin proposal pengajuan PKL, teknik presentasi, dll. Ditujukan buat kami menghadapi aspek teknis pra dan post PKL yang harus bikin proposal hingga sidang tugas akhir.

5. Keamanan pangan dan HACCP
Kalo ini biasa disebut hacep. Yes, hacep. Bukan hatjep. Emang bener ternyata kenapa dibiang hacep. Karena bikin kepala hacep. Minggu sebelum UTS sih masih yowes bon, setelah UTS tuh yang.... yang.... Ok gak usah dilanjutin, kita cerita prosesnya aja. Jadi di hacep pra-uts itu produksi. Aku produksi kopi moka dalam botol. Nah di sana harus bener-bener menerapkan prinsip GMP dan keamanan pangan. Nanti dinilai sama kelompok lain, apa proses produksi kita sudah bersih? Seperti itu. Ya siap aja tercydux fotonya lagi ngupil atau lepas masker ada di presentasi kelompok orang. Setelahnya, baru bikin HACCP plan, semacam rencana buat menjalankan HACCP itu biar nanti bisa dapet sertifikat HACCP juga kan awalnya harus ada ini.

6. Pengolahan data mutu pangan
Ini sih statistik banget, kadang pake program komputer, banyaknya hitung manual sampe kliyengan. Mata kuliah ini pula yang mengajarkan aku, "mbok yo punya kalkulator itu dijaga nduk, ilang kan jadinya" ya seperti itu lah.

7. Etika profesi jaminan mutu pangan
Katanya sih ini kurikulum baru, jadi angkatan kami yang pertama nih. Di eprof dijelasin bagaimana harus bertindak dengan baik, bagaimana cara berjalan, berpakaian, berbicara, bertelefon, berkirim pesan, berkirim email, berkirim proposal, cara membuat CV yang baik, apa yang harus dan jangan dilakukan sebagai seorang food quality assurance, kami juga dikasi studi kasus tentang masalah-masalah yang akan dihadapi nanti di dunia kerja,dan harus ketemu penyelesaiannya.

Sudah selesai, sekarang sudah UAS alhamdulillah tinggal nunggu IP keluar. Overall sih semester 5 ini gak terlalu berat malah ada waktu buat nonton drama sepulang kuliah. Tapi beratnya di fisik karena harus ngolah 2x seminggu lalu jualan produknya tiap hari keliling. Padahal di semester ini laporan bener-bener tereduksi loh, tapi gatau kenapa masih ada tekanan psikis. Yaa namanya juga anak semester akhir, harus cari tempat PKL, bikin proposal, bimbingan proposal, ke perusahaan, revisi, revisi, revisi, revisi. Aku alhamdulillah udah nemu perusahaan yang mau dijadiin tempat PKl, temen aku sampe hari ini udah kelar ujian persiapan PKL, masih ada yang belum dapet tempat PKL karena ditolak.

--------------------------------------------------------------------------

Cerita soal perkuliahan sudah, tentang PKL sudah, yang anget-anget *** ayam belum. Gak afdol nih kalo gak cerita tentang ukom.
Okee, jangan terkejut. Ukom kami dilaksanakan 2 hari setelah UAS selesai. Indah bukan?
Ibaratnya tuh UAS makan waktu 2 minggu, hari kamis UAS kelar, Jumat Sabtu ada pembekalan, Seninnya udah ujian lagi. Keren kan? Bener-bener menyita isi otak ahahah. Selain harus belajar buat UAS, kami juga harus belajar buat ukom. Btw ukom itu ada 20 topik ya mbaknya, kalo UTS atau UAS itu sehari cuma 1 mata kuliah yang diujikan, ukom itu sehari bisa sampe 5. Gimana tuh belajarnya? Gak heran mata kami seangkatan item dan bengkak semua. Salahnya kami persiapan pas udh di ujung-ujung. Paling lama 2 bulan sebelum Ukom udah persiapan. Tapi namanya manusia, kalo belom deket deadline mah gak serius belajarnya. Giliran seminggu, dua minggu ukom. Baru intesif sehari semalem. Salah emang. Alhasil selama UAS & ukom ini kamar kos udah mirip puing-puing hati yang hancur ditinggal nikah aahahahahaha. Ada waktu buat mandi sore aja udah kaya keajaiban.  Pulang ukom sekitar jam 5 atau 6, cari makan, lanjut ngampar di tengah rumah bareng temen-temen belajar sampe menjelang pagi. Diselingi merem-merem ketiduran. Bahkan bisa gak tidur sampe pagi. Pas ujiannya ngantuk. Pinter. Apa aja yang diujiankan? Adalah semuanya yang berhubungan dengan pangan. Kalo diceritain bisa hatjep.

-----------------------------
Sekali-kali liburan sekelas
hari libur tapi gak libur
berikut ada beberapa snippet kuliah semester 5
bawa maen aja


Cukup sekian presentasi dari saya, semoga tidak ada yang ingin bertanya. Mari lanjut di bagian #2