Kamis, 28 Juli 2016

Persiapan Sebelum Belajar Biologi #1



Hai! aku pernah janji kemaren mau nge-share hal yang perlu dipelajari sebelum belajar biologi. Lha? kok bisa? bisa saja. Aku dapet ilmu ini dari Prasdianto, tutor biologi zenius, di sana Pras ngajarin Biokimia dasar di awal sebelum belajar Biologi. Biokimianya dasaaaar banget, ga nyampe proses-proses break down suatu molekul kaya yang ditemui di matkul biokim kok:( ngga ngitung titik isoelektrik protein, ga harus menamai struktur asam lemak, ga harus bikin struktur garpu, struktur Fischer, belajar reaksi Maillard dll, cuma belajar monomer-monomer gitu doang kok. serius!

Kenapa harus belajar biokimia dasar dulu sebelum belajar biologi? karena di biologi bakal banyak ngebahas soal monomer, polimer, metabolisme, dll kalo ga belajar biokimia dulu, kita bakal bingung atau ngerti selewat doang. 





Mind-map Biokim. copy right Prasdianto


 Ok yang bahas di sini adalah Karbohidrat, Protein, Lemak dulu.
 1. Karbohidrat
 Karbohidrat kalo dari bahasa itu terdiri dari carbon dan hidrat. Maksudnya carbon itu ya atom C sama hidrat (sesuatu yang mengandung air). Kalo dari definisi itu sih udah bisa ditebak, karbohidrat itu terdiri dari atom C,H, sama O.
klasifikasi karbohidrat


Karbohidrat terbagi lagi jadi Monosakarida, Disakarida, dan Polisakarida.
a. Monosakarida
diliat dari kata 'mono' nya berarti satu. Susah juga buat diterjemahkan. Tapi setidaknya dapat gambaran bahwa monosakarida itu ya monomer ter-monomer. Maksudnya, monosakarida itu pembentuk dari sakarida-sakarida yang lebih gede (disakarida dan polisakarida).
Rumus umum dari monosakarida yaitu (CH2O)n [n nya itu dari 3 sampai 9]. Jadi buat klasifikasi monosakarida bisa diliat dari jumlah atom C-nya.
- triosa = atom C nya 3 [co/ gliseraldehid]
- tetrosa = atom C nya 4 [jarang]
- Pentosa = atom C nya 5 [co/ ribosa, ribulosa]
- heksosa = atom C nya 6 [co/ glukosa]
Ini struktur cincinya.


monosakarida juga diliat dari gugus penyusunnya, yaitu gugus keton dan aldehid.
monosakarida yang punya gugus keton disebut ketosa, yang punya gugus aldehid disebut aldosa.

perbandingan aldosa dan ketosa (struktur garis dari monosakarida berkarbon 6)

Selain itu monosakarida juga diliat dengan struktur ring dibedakan jadi alfa dan beta . perbedaannya itu bisa diliat dari letak gugus OH. Gampangnya sih kalo OH nomor 1 deket sama O (OH di atas) berarti beta. 
ALFA-BETA




b. Disakarida
di atas udah sedikit disentil kan ya. Jadi disakarida itu kalo ada dua monosakarida yang terkondensasi. Maksudnya satu monosakarida ilang atom H no.1, monosakarida satunya ilang OH di no.4, mereka sama-sama bersedih karena kehilangan, maka mereka bersatu deh. uhuyyy!
reaksi kondensasi


ini lebih jelasnya. copy right s-cool.co.uk

glukosa + glukosa = maltosa (ada di lambung saat kita melaksanakan proses pencernaan dari pati dll)
glukosa + fruktosa=  sukrosa (ada di tanaman)
glukosa + galaktosa = laktosa (ada di susu)

c. Polisakarida 
polisakarida berarti kumpulan dari banyak monosakarida. strukturnya udah kompleks banget. Polisakarida bisa dibagi jadi pati, glikogen, selulosa.
Pati bisa dibedakan jadi amilosa dan amilopektin kalo diliat dari strukturnya.Amilosa itu rapi, sementara amilopektin acak-acakan. Amilopektin itu lengket-lengket kalo dipanaskan.
selain itu ada glikogen dan selulosa. Mereka dibedakan berdasarkan banyaknya alfa atau beta. Yang banyak alfa biasanya lebih mudah dipecah-pecah atau dirombak karena memiliki ikatan O yang sejajar, sementara yang betanya banyak itu susunan O-nya jadi zigzag sehingga susah dirombak. contohnya yang banyak alfa itu glikogen (gula yang disimpan dalam otot, hati) yang mudah diubah kembali jadi glukosa untuk cadangan energi. Contoh dari yang banyak betanya itu selulosa (banyak di tumbuhan) makanya kita ga bisa mencerna selulosa karena selulosa susah dirombak.
nah seperti itulah kira-kira

itu yang atas maksudnya dipelintir gitu ya

 ok masih ada bahasan protein dan lemak, tapi ini udah kepanjangan kayaknya aku juga udah capek haha. mohon koreksi ya!! let's share!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar